Sentra Kerajinan Keramik di Indonesia

Kerajinan keramik merupakan salah satu bagian dari seni rupa. Banyak orang yang menganggap keramik sama dengan gerabah atau tembikar yang dibuat dari bahan tanah liat dan dibakar dengan suhu tinggi. Anggapan orang tersebut tidaklah salah karena berdasarkan kamus dan ensiklopedi yang beredar pada 1950an, definisi keramik mengacu pada anggapan tersebut.

Sebenarnya, bahan baku pembentuk keramik bukan hanya tanah liat. Seiring perkembangan zaman, keramik banyak dibuat dengan bahan-bahan yang terdiri atas ball clay, felspard, kuarsa, kaolin, air, dan dibakar dengan suhu yang jauh lebih panas dibanding dengan suhu pembakaran tembikar atau gerabah.

Kerajian keramik merupakan salah satu jenis kerajinan yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia. Terdapat banyak sentra kerajinan keramik di berbagai daerah negeri ini. Sebagai contoh, sebut saja sentra kerajinan keramik Dinoyo di Malang, sentra kerajinan keramik Kasongan di Bantul, dan sentra kerajinan keramik Plered di Purwakarta.

READ  Cara Tepat Memilih Kanopi dan Balkon

Berbagai Macam Bentuk Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik biasanya berupa vas bunga, guci, perabotan rumah tangga, dan berbagai souvenir cantik untuk beragam keperluan, seperti souvenir pernikahan. Kerajinan keramik tak hanya digemari oleh masyarakat lokal. Banyak pula turis dari mancanegara yang terpesona dengan kerajinan keramik ini.

Mereka biasa membeli keramik untuk dijadikan aksesoris rumah atau sekadar oleh-oleh untuk rekan dan kerabat mereka di negerinya. Banyaknya turis mancanegara yang menggemari kerajinan menjadikan keramik sebagai salah satu komoditi ekspor yang dimiliki negeri ini. Singapura, Korea, Jepang, Australia, dan Amerika, adalah negara-negara yang paling banyak mengimpor kerajinan ini.

Sentra Kerajinan Keramik

Sebagaimana telah disampaikan tadi, Indonesia memiliki banyak sekali sentra kerajinan keramik. Beberapa yang paling terkenal adalah sentra kerajinan keramik Dinoyo, Kasongan, dan Plered.

1. Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo

Sentra kerajinan keramik Dinoyo merupakan pusat kerajinan keramik terbesar di Kota Malang. Hampir sebagian besar penduduk di wilayah ini berprofesi sebagai perajin keramik. Adapun bentuk keramik yang biasa mereka buat berupa vas bunga, guci, dan berbagai souvenir keramik untuk berbagai event. Sentra keramik Dinoyo sendiri telah ada sejak lama, yaitu sejak era 80an.

READ  Desain Interior Ruang Tamu Minimalis

2. Sentra Kerajinan Keramik Kasongan

Sentra kerajinan keramik Kasongan di Bantul merupakan pusat kerajinan terbesar di Kota Yogyakarta. Beragam bentuk kerajinan keramik, seperti guci, vas bunga, jambangan, patung hewan, tempat lilin, perabotan rumah tangga, dan beragam bentuk lainnya, merupakan ciptaan masyarakat Desa Kasongan yang sebagian besar beprofesi sebagai perajin keramik.

Pangsa pasar kerajinan keramik Kasongan pun tidak hanya di dalam negeri. Hampir 80 persen pangsa pasar kerajinan keramik Kasongan ini adalah pasar luar negeri. Jepang, Australia, Belanda, Amerika, dan berbagai negara lainnya, adalah negara-negara yang selalu memesan kerajinan dari tempat ini.

3. Sentra Kerajinan Keramik Plered

Jika Anda hendak ke Bandung dari arah Jakarta atau sebaliknya dan mengambil jalur Cikampek, tentu akan menjumpai sebuah daerah yang menampilkan pajangan keramik di sepanjang jalan. Itulah Plered, sebuah daerah yang lokasinya berada di daerah Purwakarta. Di tempat ini, yang juga merupakan sentra keramik terbesar di Jawa Barat, akan dijumpai berbagai kerajinan yang unik dan menarik.

READ  Desain Ruang Tamu Rumah Dengan Sofa

Bentuk-bentuk kerajinan keramik berupa guci, celengan, patung hewan, perabotan rumah tangga, dan aksesoris lainnya, akan menggoda setiap mata yang melihatnya. Bagi Anda yang hendak mencari barang unik dan menarik dengan harga murah, tak ada salahnya mampir dan berbelanja di tempat ini.

Itulah beberapa sentra kerajinan keramik yang terdapat di Indonesia. Tak perlu berangkat ke luar negeri untuk mendapatkan benda antik dan menarik berbahan keramik. Toh, dengan mengunjungi sentra kerajinan keramik dalam negeri pun, kebutuhan Anda akan terpenuhi. Selamat berbelanja!