Saatnya Anda Beli Rumah

Harga property semakin tahun semakin melambung. Bagi Anda yang belum memiliki rumah, sudah saatnya Anda persiapkan diri untuk beli rumah. Bagi Anda yang sudah memiliki rumah, tak ada salahnya beli rumah lagi untuk Anda investasikan.

Karena di masa mendatang, rumah akan menjadi kebutuhan yang sangat mewah. Populasi manusia semakin banyak dan tanah untuk tinggal akan semakin sempit. Jadi, sekaranglah saatnya Anda beli rumah!

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk beli rumah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan di bawah ini :

Hitung berapa budget Anda
Berapa kira-kira kemampuan financial Anda? 150 juta, 200 juta, 300 juta? Ini menjadi poin penting ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah. Entah itu rumah second atau rumah baru. Karena membeli rumah harus sesuai dengan kemampuan kita membayar secara kredit. Kecuali bila Anda punya uang cash.

READ  Mengurangi Potensi Kerugian Saat Membeli Rumah

Rumah yang menjadi Target
Tentukan Anda rumah apa yang Anda dan pasangan Anda impikan? Rumah yang mungil namun asri? Rumah di pinggir jalan? Rumah mewah? Atau bagaimana? Buat secara detail apa keinginan Anda. Bila Anda beli rumah di developer tentu Anda hanya akan mendapatkan jenis rumah yang seragam.

Perhatikan Calon Rumah Anda
Bila Anda sudah mendapatkan rumah yang Anda inginkan, sebelum membeli sebaiknya Anda sering berjalan-jalan di lingkungan rumah itu.

Cobalah telusuri jalan dari calon rumah Anda ke kantor Anda, lalu ke sekolah anak Anda, ke kantor istri Anda, ke pasar, ke rumah sakit. Apakah jarak tempuhnya jauh atau dekat. Lebih baik, beli rumah yang mempunyai akses mudah ke segala tempat yang biasa Anda kunjungi.

READ  Memilih Bahan Bangunan dan Material Rumah

Bila malam hari tiba, cobalah sedikit duduk-duduk di sekitar calon rumah yang akan Anda beli. Perhatikan penerangan jalannya, apakah kalau malam ramai? Apakah sistem keamanannya baik? Sehingga meyakinkan Anda untuk beli rumah itu.

Bila Anda membeli rumah di developer, perhatikan dulu perumahan itu. Apakah sudah banyak peminatnya? Apakah ke depannya akan berkembang dengan baik dan bisa dijual kembali dengan harga tinggi? Prediksikan kira-kira berapa lama perumahan itu akan ramai?

Tawar Menawar Harga
Bila sudah benar-benar yakin dengan rumah yang Anda incar, sekarang saatnya tawar menawar harga. Lihat juga kondisi bangunan rumahnya, apakah layak diberi harga mahal atau tidak? Lakukan tawar menawar dengan etika yang baik, karena jual beli rumah bisa batal kalau ada satu pihak yang tersinggung.

READ  Memilih Bahan Bangunan dan Material Rumah

Perhatikan Surat-Suratnya
Sudah lengkap atau belum. Asli atau tidak? Surat IMBnya bagaimana? Sertifikat, SHM, PBB dan lain sebagainya. Apakah ada sengketa lahan atau tidak? Semua aspek harus diperhatikan.

Carilah Notaris yang Anda Percayai
Bila Anda beli rumah second maka urusan surat menyurat menjadi urusan Anda. Mintalah bantuan orang yang sudah pengalaman membeli rumah untuk merekomendasikan Anda notaris yang handal dan bisa dipercaya.

Setelah semua aspek di atas Anda penuhi, kini saatnya Anda beli rumah. Langsung saja bertransaksi tidak usah menunggu nanti-nanti. Karena kalau si pemilik rumah berubah pikiran, bukan hanya Anda saja yang kecewa, keluarga Anda juga akan kecewa.