Retak Rambut pada Dinding? Atasi dengan Semen Instan! Cek Caranya di Sini!

Terkadang, saat rumah sedang dibangun atau justru saat baru ditempati, Anda akan menemukan retakan-retakan berbentuk seperti rambut di dinding. Sebenarnya, apa penyebab retakan-retakan ini? Bagaimana pula cara memperbaikinya? Nah, tidak perlu khawatir karena di artikel ini kita akan membahas penyebab munculnya retakan rambut pada dinding dan cara mengatasinya dengan semen instan!

Penyebab Keretakan Rambut Biasanya Karena Tak Memakai Semen Instan

Setidaknya ada 4 penyebab keretakan rambut pada dinding yang paling sering ditemui.

  1. Kegagalan struktur bangunan

Retakan pada dinding bangunan bisa disebabkan karena kegagalan struktur yang meliputi: gagal dalam menahan beban berat, terjadinya gempa, atau benturan yang sangat keras. Hal ini sangat berpotensi terjadi rumah yang baru dibangun dengan plester yang tidak terlalu kuat.

  1. Permukaan tanah yang menurun

Hal ini juga sangat berpotensi dalam membuat retakan rambut di dinding. Sebenarnya, permasalahan tidak tidak terlalu bahaya, selama penurunan tanah tidak terjadi secara signifikan. Bila penurunan terjadi serentak, hal ini tentu akan membahayakan tidak hanya gedung atau rumah, namun juga nyawa Anda.

  1. Rusaknya batu bata
READ  Denah Rumah Minimalis Tipe 70 Modern

Jangan pernah memilih batu bata dengan kualitas seadanya asal harga murah. Hal ini bisa jadi penyebab utama dari masalah retakan rambut di dinding. Apalagi, bila Anda tidak menggunakan mortarĀ  dan malah menggunakan semen konvensional sebagai plester. Semen tersebut tidak sekuat mortar untuk menahan pecah atau lepasnya pasangan batu bata.

  1. Acian yang tidak sempurna

Acian yang tidak sempurna juga bisa menjadi penyebab dari retakan rambut di dinding. Bisa jadi karena acian dikerjakan bahkan sebelum plester kering sempurna. Bisa jadi juga karena takaran kedua metrial tersebut tidak sesuai dengan standar dan ketentuan yang ada. Terakhir, bisa ada karena Anda menggunakan semen biasa untuk acian dan bukan mortar.

READ  Desain Villa Minimalis yang Berkesan

Cara Mengatasi Keretakan Rambut pada Dinding dengan Semen Instan

Ada 5 langkah yangĀ  bisa Anda lakukan untuk mengatasi keretakan rambut pada dinding bangunan atau rumah dengan mudah.

  1. Keriki lapisan cat dahulu.

Penting sekali untuk mengerik lapisan cat di dinding yang terdapat retakan rambut. Gunakan pisau atau silet untuk mengeriknya. Bila retakan sudah terlalu besar atau lebar, kupas saja lapisan cat hingga lapisan acian atau plester.

  1. Haluskan permukaan dinding

Amplas permukaan dinding tersebut agar kembali halus dan rata. Atau, Anda bisa saja menggunakan semen mortar atau siap-saji yang dipunyai untuk menghaluskan kembali retakan rambut tersebut.

  1. Membersihkan dinding

Bersihkan dinding yang sudah dikerik dan disemen ulang dengan menggunakan lap basah atau lembab, yang berguna untuk menghilangkan debu atau kotoran yang ada di dinding.

  1. Gunakan wall sealer

Anda bisa menggunakan wall sealer atau cat dengan bahan dasar air untuk melapisi celah retakan tersebut. 1 liter wall sealer cukup setidaknya hingga 15 sentimeter keretakan di dinding. Bila sudah Anda lapisi, diamkan sejenak sampai mengering selama 4-5 jam saja.

  1. Cat ulang
READ  Lukisan Raksasa Kota Surabaya Pecahkan Rekor MURI

Bila sudah, Anda hanya perlu cat ulang! Gunakan warna yang sesuai dengan warna dinding sebelumnya atau bereksperimen dengan warna baru. Bila sudah, sebelum menempelkan atau menggantungkan sesuatu di dinding lagi, pastikan cat baru tersebut sudah kering terlebih dahulu!

Nah itu dia penyebab keretakan rambut pada dinding dan cara memperbaikinya menggunakan sedikit saja semen instan. Mudah sekali kan, caranya? Sekarang Anda bisa menjaga rumah Anda untuk senantiasa cantik dan terawat.