Perencanaan Pembangunan Desain Rumah Satu Lantai

Kelebihan dan keutamaan fisik rumah bukan berdasarkan pada luas dan sempitnya bangunan. Atau mewah atau sederhananya rumah. Serta juga bukan karena rumah tersebut bertingkat atau hanya desain rumah satu lantai. Namun kelebihan dan keutamaan sebuah rumah lebih kepada pengaturan fungsi ruang serta perencanaan di awal pembangunannya.

Fungsi Rumah

Pengertian sebuah rumah jauh sebelum manusia memiliki kebudayaan adalah berfungsi sebagai tempat berlindung – apapun bentuknya. Sehingga di masa pra sejarah di era nenek moyang kita, kadang rumah hanya berupa cerukan di dalam sebuah gua, atau rangkaian tangkai dan batang pohon yang dirimbuni oleh dedaunan. Asalkan kembali kepada fungsi pertama yakni sebagai tempat berlindung, maka bentuk apapun sudah dikatakan sebagai rumah.

Di daerah-daerah yang memiliki cuaca lebih ekstrim, misalnya di kutub, rumah tempat tinggal bahkan sangat jauh dari pertimbangan nilai estetika atau kaidah keindahan yang biasa dijadikan tolok ukur para perancang desain rumah ataupun sang pemilik rumah sendiri. Di kutub, sebuah rumah cukup berbentuk kubah yang dapat menahan hawa dingin dari udara sekelilingnya.

Sehingga pada dasarnya semua seolah menegaskan bahwa fungsi rumah pada awalnya adalah sebagai tempat berlindung. Karena ada pergeseran fungsi, perkembangan teknologi dan nilai estetika yang berkembang maka rumah kini diciptakan dalam desain rumah satu lantai ataupun dua lantai.

READ  Pentingnya Mengetahui Tips Memilih KPR Rumah

Perencanaan Pembangunan Rumah

Sesungguhnya desain rumah baik itu desain rumah satu lantai ataupun desain rumah dua lantai semua tergantung kepada pengaturan dan perencanaannya di awal pembangunan rumah. Perencanaan yang detil amat diperlukan dalam pembangunan suatu rumah. Tentu saja perencanaan terhadap desain rumah satu lantai tidaklah serumit merencanakan pembangunan rumah dua lantai.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merencanakan pembangunan desain rumah satu lantai adalah :

  1. Estimasi harga dan pembiayaan pembangunan atau biasa disebut dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB),
  2. Perencanaan teknis yang meliputi pemilihan bahan bangunan yang bermutu, pemilihan tukang untuk mengerjakan pembangunan rumah Anda, serta pemilihan jasa konsultan ataupun arsitektur yang membantu Anda mewujudkan rumah impian Anda. Atau bila Anda telah memiliki desain atau konsep sendiri bahkan justru akan lebih baik lagi.
  3. Desain rumah satu lantai yang Anda inginkan. Atau setidaknya konsep yang Anda inginkan harus jelas dan dapat Anda sampaikan dan dimengerti oleh konsultan atau tukang yang mengerjakan rumah Anda.
  4. Pengawasan pembangunan rumah yang sedang dibangun. Terdapat dua pilihan sesuai dengan kondisi Anda sendiri. Pertama, pengawasan dapat Anda lakukan sendiri, dan ini lebih baik karena Anda akan langsung melihat secara detil proses pembangunannya dari waktu ke waktu. Dan kedua, apabila Anda berhalangan maka mau tak mau Anda membutuhkan seorang assistant atau orang kepercayaan untuk melakukan pengawasan pembangunan rumah sebagai wakil Anda.
READ  Jenis Model Tangga Kreatif untuk Rumah Minimalis dan Rumah Mewah

Beberapa hal tersebut bukanlah hal yang baku, namun tetap menjadi prioritas Anda ketika melakukan pembangunan rumah Anda.

Desain Rumah

Dalam perencanaan pembangunan rumah berlantai satu ada beberapa tips juga yang perlu Anda perhatikan agar tidak ada kemubaziran. Dalam arti tidak ada material dan uang yang terbuang percuma. Karena berapapun peser rupiah Anda akan tetap sangat berharga bila digunakan secara efektif ketika Anda melakukan pembangunan rumah

Berikut adalah tips strategis dalam merancang desain rumah satu lantai. Yakni :

  • Ketika melakukan pembangunan, Anda dapat menggunakan metode rumah tumbuh pada saat Anda merasakan dana pembangunan Anda anggarannya terbatas. Hal ini menghindari Anda melakukan kesalahan dengan terlalu fokus pada satu hal, semisal memperindah fasad muka rumah agar terlihat serasi dan estetik. Metode rumah tumbuh memungkinkan Anda melakukan kelanjutan pembangunan rumah di lain waktu pada saat Anda telah memiliki budget pembangunan lagi.
  • Bila Anda meniatkan diri untuk membangun rumah satu lantai, maka Anda tidak perlu bersusah payah untuk membuat pondasi untuk rumah dua lantai atau rumah tingkat. Selain membuang-buang material yang tidak perlu juga akan mubazir saja nantinya.
  • Perhitungkan benar secara detil dan teliti pada saat pembuatan rangka atap, pondasi rumah, rangka struktural bangunan serta sambungan-sambungannya.
  • Anda harus bijaksana dalam membelanjakan material untuk bangunan rumah. Ada dua pilihan : bahan material murah tapi kurang tahan lama dan bahan material sedikit mahal namun berumur panjang. Anda pilih yang mana?
READ  Memilih Bahan Bangunan dan Material Rumah

Nah kini semoga Anda semakin mantap mempersiapkan diri pembangunan desain rumah satu lantai milik Anda pribadi.