Memilih Partisi atau Penyekat Ruangan

Mengontrol fungsi antar ruang dengan sekat atau partisi, otomatis bisa menghasilkan privasi sendiri. Bandingkan dengan ruangan berkonsep terbuka, seumpama, ruang tetamu dan ruang makan tanpa penyekatan. Pastinya, akan terasa kikuk saat kesibukan dilaksanakan bersama-sama di kedua ruangan. Secara psikis, sekat akan menghadirkan rasa nyaman serta terlindungi.

Banyak terdapat opsi material penyekat ruangan untuk dipilih, berkeinginan berdiri sendiri atau mengkombinasikan dua material malah bisa Anda lakukan untuk menghasilkan sekat cantik.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah tujuh opsi material penyekat atau partisi ruangan yang bisa Anda gunakan.

Kertas
Penyekatan dengan kertas banyak diaplikasikan di Jepang. Di Jepang, penyekat kertas bisa dibuat sebagai bahan pengisi struktur pigura pada pintu geser rumah.

Pemilihan material ini hakekatnya dialamatkan supaya kesannya alami dan bersahaja. Selain sebagai penyekat, perpaduan kertas dan kayu juga diaplikasikan di rumah berkonsep interior Jepang. Material ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas.

READ  Konsep Desain Interior Kantor Minimalis Terbaru

Cuma, perlu diingat, bahwa kertas tak menjawab kebutuhan meredam bunyi dan cahaya dari ruang sebelahnya.

Kayu
Biasanya kayu untuk sekat adalah kayu olahan. Warna serat kayu adalah alasannya hingga begitu digemari. Dengan tampilan kayu, kesan ruang menjadi alami dan hangat. Kayu juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain sebagai sekat. Semisal, menjadi pigura untuk material sekat lainnya.
Bambu
Namun kayu, bambu juga digemari karena material ini memiliki kesan hangat dan alamiah dalam ruangan. Teknik aplikasi bambu sebagai sekat atau partisi bisa dilaksanakan dengan mengolah menjadi lembaran-lembaran yang direkatkan. Selain, bambu juga bisa diaplikasikan dengan tampil secara utuh atau dibentuk sebagai bidang batas.

READ  Desain Villa Modern Yang Artistik

Kaca dan cermin
Material kaca kerap kali dimanfaatkan untuk menunjukkan ruang lebih cair dan menyatu. Selain itu cermin juga diaplikasikan untuk memberi kesan lapang di ruang sempit. Jangan lupa, sebagai bahan pembentuk sekat dan partisi, dominasi kaca dan cermin akan menghasilkan tampilan modern dan futuristik.
Kain
Biasanya variasi sekat dan partisi benar-benar terbuat dari kain tanpa rangka struktur apapun. Biasanya, yang diaplikasikan sebagai material utama adalah kain dengan corak khas atau memiliki keistimewaan tertentu.
Selain sebagai pelapis, variasi kain tebal dengan tingkat transparansi rendah bisa dijadijan ppilihan. Untuk lembaran kain, variasi kain yang diaplikasikan adalah kain berserat tipis atau tembus pandang.

Fiber
Sekilas fiber mirip dengan kaca. Bedanya, fiber adalah kombinasi antara pasir kuarsa dan bahan sintetis lain. Ini akan membuat tampilan lebih halus dengan warna agak buram.
Fiber memiliki sifat elastis alias lentur, yang tersedia dalam format lembaran dengan berbagai ketebalannya. Fiber juga gampang dipotong dan dibentuk menjadi ornamen tertentu.

READ  Teras Rumah Modern Minimalis

Material ini juga gampang dibersihkan dan awet. Anda bisa memadukan karakter fiber dengan bantuan tata cahaya, sehingga sekat yang dibuat tampil unik.

Gipsum
Memilih gipsum artinya Anda siap dengan kemungkinan membuat rangka sebagai tempat melekat lembaran-lembaran gipsum. Rangka ini terbuat dari metal maupun batang kayu.
Kelebihan sekat gipsum adalah gampang dibentuk pantas keinginan. Selain itu, bahannya bisa dibuat tempat penyimpanan. Anda yang tak memiliki latar belakang konstruksi bisa memasang lembar gipsum dengan gampang pada rangka yang telah disiapkan.