Memilih Jenis Keramik Lantai

Ada hal yang perlu Anda perhatikan ketika menentukan jenis keramik lantai. Meskipun sama-sama dipasangkan dilantai dan hanya untuk diinjak-injak, setiap ruangan sebaiknya menggunakan jenis keramik atau ubin yang disesuaikan dengan fungsinya. Misalnya, keramik kamar mandi, keramik kamar tidur, keramik ruang tamu, keramik dapur, dan keramik teras.

Pilih Berdasarkan Aktivitas Ruangan

Perhatikan juga aktivitas yang sering terjadi di atas keramik tersebut. Apakah sering digunakan untuk bermain anak-anak, menjadi tempat lalu lalang orang, maupun sering terkena air. Setiap bahan, model, serta motif keramik, memiliki ketahanan dan fungsi tersendiri. Pemilihan keramik pun berimbas pada kualitas keawetan rumah.

Dengan kata lain, keramik harus dapat mengimbangi usia rumah. Mungkin bertahan hingga berpuluh-puluh tahun ke depan. Bahkan, hingga ratusan tahun. Pemilihan bahan keramik lantai yang tepat akan membuatnya awet seiring bangunan rumah. Setiap kualitas keramik dijual dengan harga berbeda. Seperti kata orang, harga menentukan kualitas, meskipun tidak selalu demikian.

READ  Desain Villa Minimalis Modern

Survei Harga

Sebagai cara untuk mendapatkan keramik harga miring kualitas bagus, Anda dapat melakukan survei ke beberapa toko keramik. Bandingkan harga untuk keramik yang Anda incar pada setiap toko. Untuk model keramik yang sama, setiap toko pasti memasang tarif berbeda meskipun perbedaannya amat tipis. Setelah survei, belilah keramik dari toko yang menawarkan harga lebih murah.

Model Keramik

Berikut ini merupakan beberapa model keramik yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan selera.

1. Keramik Natural

Keramik model ini terbuat dari tanah liat yang dibakar dan diberi warna sesuai selera. Keramik model ini biasanya memiliki warna natural atau alami. Keramik natural bisa digunakan untuk menciptakan kesan rumah yang klasik dan etnik. Anda bisa menerapkannya pada dapur yang sengaja dibuat dengan gaya tradisional.

READ  Desain Hotel Mewah Nan Elegan

Keramik jenis ini memiliki ketidakseragaman dalam finishing warna. Antara keramik yang satu dengan lainnya tidak sama. Namun, hal ini justru dapat menambah kesan indah dan variasi unik. Permukaan keramik ini biasanya sedikit bergelombang karena tidak difinish secara halus dan licin. Namun, permukaan yang tidak rata itu justru memperkuat kesan kuno.

2. Keramik Berpola

Keramik berpola dapat dipilih untuk menciptakan kesan yang modern. Kombinasi elemen pecah belah ini telah tersedia secara modern dengan tekstur alami atau natural. Keramik model ini telah diproduksi oleh beberapa pabrik keramik dengan teknologi modern. Kesan yang muncul saat dipasang adalah lantai yang bersih, berbentuk tegas, serta natural. Bahkan, tampak seperti batu alam.

READ  Merenovasi Rumah

3. Keramik Glazed

Keramik glazed biasanya digunakan sebagai lantai di kamar mandi. Keramik ini tersedia dalam beberapa pola dan warna yang dapat dipilih sesuai selera. Keramik ini pun bisa dipasang di mana saja. Yang menarik, keramik ini mampu memunculkan berbagai pola dan gaya ubin. Misalnya, gaya fresco Italia hingga pola mosaik. Saat pemasangan, jarak antarubin bisa dibuat hingga jarak paling minimum.

4. Keramik Mosaik

Keramik mosaik tersedia dalam berbagai pola dan gambar. Keramik model ini lebih hidup dengan warna bervariasi. Keramik model mosaik pun tersedia dalam berbagai ukuran. Bahkan, dalam ukuran yang kecil, seperti 2×2 inchi. Keramik mosaik dapat dikombinasikan dengan keramik model lain untuk meningkatkan kesan cerah pada lantai rumah Anda.