Memilih Bahan Bangunan dan Material Rumah

Membangun rumah bisa dibilang gampang-gampang susah. Bila konsep bangunan telah jelas dan dana sudah tersedia, langkah berikutnya adalah memilih bahan bangunan atau material rumah.

Saat ini banyak dijumpai berbagai jenis bahan bangunan dengan model dan harga yang variatif. hati-hati, jangan sampai salah pilih. Pilihlah bahan bangunan yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan kita. Dan tak lupa, dengan harga yang telah memenuhi bujet yang telah ditetapkan.

Berikut ini adalah sebagian tips memilih bahan bahan bangunan, terutama dalam pemilihan bahan kayu, pasir dan kerikil, batu bata, serta genting.

Kayu

Pilihlah kayu yang memiliki serat yang lurus. Bentuk kayu pun jangan sampai bengkok. Penggunaan kayu yang bengkok akan mempengaruhi ketahanan konstruksi bangunan. Hindari pula kayu yang di dalamnya cukup banyak mata kayu. Pilihan kayu tanpa mata kayu tentunya akan jauh lebih baik. Jangan pula memilih kayu yang retak. Kalaupun ada retakan, pilihlah yang sesedikit mungkin keretakannya. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah gunakan kayu yang kering sempurna. Jangan coba-coba memakai kayu yang lembap, apalagi basah.

READ  Lukis Wajah Surabaya, 50 Seniman Raih Rekor MURI

Pasir dan Kerikil

Pasir dan kerikil memegang peranan yang cukup penting dalam pembangunan rumah. Pilihlah pasir yang butirannya tajam dan besaran butirannya beragam atau tidak sama persis. Pasir yang digunakan pun hendaknya tidak mengandung bahan organik, seperti kotoran hewan yang rawan tercampur dengan pasir. Pasir yang mengandung lumpur tergolong pasir yang baik.

Ada satu tips mudah untuk menentukan pasir yang berkualitas. Caranya, kepal segenggam pasir, kemudian lepaskan. Jika masih ada yang menempel di telapak tangan Anda, artinya pasir tersebut berkualitas baik.

Adapun dalam melakukan pemilihan kerikil, pilihlah kerikil yang keras dan tidak berpori. Besaran kerikil beragam dengan bentuk yang tajam.

READ  Beberapa Kemungkinan untuk Memiliki Rumah Gratis

Batu Bata

Batu bata bisa dibilang bahan bangunan yang sangat vital dalam membangun rumah. Pilihlah bata yang rusuknya tajam dan siku-siku sempurna. Perhatikan pula warna batu bata. Sebaiknya pilih yang memiliki warna merata di setiap sisinya. Gunakan pula batu bata yang kuat menahan tekanan. Ingat, hindari penggunaan batu bata yang retak. Ukuran dimensi batu bata standar adalah panjang 24 cm, lebar 11,5 cm dan tinggi 5,2 cm.

Genting

Hati-hati pula saat memilih genting untuk bangunan rumah Anda. Genting yang kualitasnya bagus adalah yang ringan dan bunyinya nyaring saat dipukul, permukaannya utuh dan licin, tahan terhadap remebesan air, dan memiliki kaitan yang kuat. Mengenai warna, tidak ada masalah. Bisa disesuaikan dengan selera dan warna cat dinding rumah Anda.

READ  Desain Villa Minimalis Modern

Hal penting yang perlu diperhatikan juga adalah kerapatan pemasangan genting. Untuk ukuran standar setiap meter persegi terdapat tujuh buah bubungan dan 25 buah genting untuk setiap meter persegi.