Majalah Rumah Idaman

Mendandani rumah kini bukan hal yang sulit. Majalah rumah idaman sudah begitu mudah dan banyak jenisnya. Sebagai referensi tepat ketika Anda bermaksud mendandani rumah sesuai dengan keinginan.

Peran Majalah

Sebagai media cetak, majalah memang sangat disukai pembacanya. Karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh majalah, seperti kemasan (packaging) baik cover dan mutu kertasnya yang bagus. Isinyapun semarak penuh warna dan gambar. Lalu redaksi kalimatnya meluncur alami jauh dari kesan formal seperti dalam surat-surat kabar.

Apapun bahasannya gaya bahasa majalah terasa lebih familiar, sederhana, bahasa sehari-hari dan berkesan gaul. Hingga sangat mudah dicerna pembacanya.

Banyak jenis majalah yang beredar di pasaran, baik yang terbitan dua mingguan, ataupun edisi bulanan. Dengan berbagai jenis bahasan dan tajuk pula. Di antaranya adalah majalah yang membahasa khusus tentang rumah dan permasalahannya.

Majalah Rumah Idaman

Banyak majalah rumah idaman yang beredar kini, yang mana sebelumnya hanya beberapa saja yang mengusung tema rumah. Di era sebelum booming majalah tentang rumah, ada beberapa yang tetap bertahan hingga kini, seperti ASRI dan Laras.

READ  Desain Taman Modern Indah

Kemudian bermunculan majalah lain dengan tema rumah. Contohnya seri Rumah Ide dan majalah Idea. Dan bahkan kini liputan seputar rumah, taman, permasalahan dan solusi tentang rumah dikupas habis dalam bentuk bulletin rumah, seperti Tabloid Home Bintang dan Tabloid Rumah.

Tabloid Rumah bahkan kemudian menerbitkan serial Rumah dalam bentuk majalah yang isinya semacam ringkasan dari setiap bahasan yang pernah dimuat dalam tabloid-tabloid Rumah sebelumnya. Misalnya Serial Rumah : Interior Rumah Mungil, Pergola, Taman dalam Ruang, Bingkai serta Lantai, dan banyak lagi.

Rumah dan pernak perniknya, sebelumnya hanya menempati beberapa baris kalimat dalam rubrik saja yang memang tetap diberi ruang di dalam semua majalah wanita umumnya. Seperti rubrik Pernak Pernik di tabloid Nova, rubrik Rumah Kita di majalah Femina, dan rubrik Ragam di majalah Ummi, dan lain sebagainya.

Itu baru beberapa saja majalah rumah idaman yang beredar di tanah air. Belum lagi berbagai majalah yang khusus membahas tentang rumah terbitan luar negeri. Mungkin jumlahnya belasan hingga puluhan. Salah satu contohnya adalah majalah Home and Design yang terbit di Singapore.

READ  PP Properti Garap Hunian Vertikal di Surabaya

Trend Setter Hunian

Tidak dapat dipungkiri bahwa majalah rumah idaman sebenarnya adalah dorongan pertama bagi Anda memikirkan bagaimana cara mendandani tampilan rumah. Berbeda dengan masa-masa revolusi perjuangan 1945 yang orang pun jarang memikirkan untuk merenovasi rumah mereka, sedang untuk makan cukup tiga kali sehari saja sulit.

Dari survey sederhana sebelum tulisan ini dibuat – pada sebuah lembaga pendidikan anak usia dini tepatnya sebuah Play Group, pada tiga puluh orang wali murid yang kebanyakan adalah wanita.

Tujuan survey adalah mengetahui minat baca mereka terhadap majalah rumah idaman. Dan bagaimana mereka menyerap ide trend yang disuguhkan oleh majalah tersebut.

Hasilnya 43% pernah membaca majalah rumah idaman dan sejenisnya, kemudian 36% yang benar-benar membaca dan berusaha meniru ide dari beberapa artikel. Sisanya adalah pelanggan majalah rumah idaman sebagai pengisi waktu luang. Kelompok terakhir sebanyak 21% beralasan bahwa mereka berlangganan karena dorongan teman, dibawakan suami/istri ataupun dibayari berlangganan oleh keluarga mereka.

Ada satu hal yang dapat disimpulkan bahwa ada cukup jumlah orang (sekitar 36%) yang ternyata meminati majalah rumah idaman dan secara sadar mereka merasakan stimulus nyata dari hasil mereka membaca. Dan berusaha dengan sadar menjadikan ide-ide majalah rumah idaman itu sebagai trend setter untuk menata atau mendandani rumah mereka.

READ  Harga Keramik Lantai Dipengaruhi Merek, Kualitas, dan Tempat Membeli

Tips-tips Memelihara Koleksi Majalah Rumah Idaman

Kini jelas bahwa Anda memang ternyata penggemar sekaligus pelanggan majalah rumah idaman. Beberapa tips yang patut Anda kulik agar koleksi majalah-majalah Anda awet.

1. Jauhkan dari jangkauan balita/batita Anda.

2. Sediakan tempat khusus penyimpanan seperti rak buku, ataupun lemari baca.

3. Susun sesuai edisi dan terbitan. Edisi terbaru letakkan paling atas ataupun di tempat yang mudah dicari.

4. Bila koleksi majalah rumah idaman sudah lumayan banyak, Anda dapat membuat bundle sesuai dengan kategori yang diinginkan. Perempat bulan, atau per semester, ataupun per bahasan sesuai keinginan Anda.

5. Tempatkan koleksi majalah rumah idaman Anda di tempat bersuhu sedang, jauhi tempat atau dinding yang lembab.

Kini saatnya Anda berkreasi dengan tampilan rumah Anda dengan cara mengintip ide-ide yang ada di dalam majalah rumah idaman.