Konsep Rumah Minimalis untuk Rumah Ukuran Besar

Konsep rumah minimalis tidak hanya untuk rumah berukuran kecil. Ada juga rumah besar yang berkonsep minimalis. Salah satu contohnya adalah sebuah rumah yang terletak di pinggir Jalan Kolonel Barlian, Jakarta. Mulai dari pagar hingga taman, semuanya berkonsep minimalis.

Terlihat Lapang

Rumah berukuran besar dengan luas 400 meter persegi itu dibuat bertingkat, berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 600 meter persegi. Konsep minimalis ternyata tidak membuat rumah besar tersebut terlihat aneh. Malahan rumah itu cukup menarik dengan pagar menggunakan corak kayu yang disesuaikan dengan warna eksterior rumah yang dibuat sealami mungkin.

Tamannya tidak terlalu penuh dengan bunga-bungaan yang rapat. Tamannya lebih condong berkonsep taman Jepang dengan penataan bonsai yang sedemikian rumah sehingga membuat gazebo yang ada di sudut timur taman pun terlihat besar.

READ  Lukis Wajah Surabaya, 50 Seniman Raih Rekor MURI

Di sekeliling taman yang berukuran cukup luas (sekitar 100 meter persegi) itu dibuat aliran air seperti sungai yang bermuara pada kolam di bawah gazebo. Gemericik air di kucuran air yang dibuat di sebelah kanan gazebo menambah suasana asri taman. Jadilah rumah yang terletak di pinggir jalan ramai dengan kendaraan terasa berada di tengah alam pedesaan yang sejuk.

Interior

Interior rumah dibuat sesuai dengan mengusung konsep minimalis. Perabotan dengan desain sederhana serta terbuat dari bahan yang berkualitas membuat rumah terasa sangat lapang sehingga bermain scooter ala Teletubbies pun bisa dilakukan di ruang tamu hingga dapur yang dibuat cukup besar menyesuaikan hobi si pemilik yang senang membuat eksperimen makanan.

READ  Perencanaan Pembangunan Desain Rumah Satu Lantai

Taman Belakang

Bagian belakang rumah dibuat terbuka dengan tanaman jambu, mangga, dan sawo. Pohon-pohon yang sudah tumbuh besar itu membuat aliran udara di dalam rumah terasa sejuk. Apalagi ada taman atau bukaan yang terdapat di sisi samping kiri kanan rumah semakin membuat rumah minimalis ini terasa nyaman didiami di tengah udara kota Palembang yang luar biasa panasnya.

Sebuah ayunan dan satu set kursi taman besi terlihat menghiasi taman di belakang rumah tersebut. Ada alat pemanggang untuk membakar sate atau pesta barbeque. Dinding pembatas dibuat berornamen yang bisa ditanami beberapa bunga berwarna-warni. Taman belakang ini jadinya lebih mirip studio alam.

Dapur

Dapur berkonsep tetap minimalis dengan kitchen set sederhana, tapi meja dapur terbuat dari bahan antigores karena pemilik rumah sangat memperhatikan kebersihan. Jendela dapur yang dibuat lebar sehingga ketika masak, uap dan asap masakan bisa langsung keluar rumah juga.

READ  Ingin Mandiri? Cari Rumah Kontrakan!

Kamar Mandi

Ada tiga kamar mandi di rumah ini. Setiap kamar mandi dibuat dengan konsep yang berbeda-beda. Satu kamar mandi yang ada di kamar utama dibuat cukup modern dengan bathtub dan toilet kering yang cukup bermerek.

Satu lagi kamar mandi yang dibuat semi terbuka dengan taman mini di sudutnya. Walaupun terbuka tentu saja tidak ada yang bisa mengintip karena plafonnya dibuat tertutup hanya bagian taman yang dibuat terbuka. Kamar mandi yang satu lagi dibuat cukup sederhana dengan bak penampunagn yang terbuat dari kendi berukuran sedang