Keramik Lantai Murah: Tantangan dan Solusi

Terkadang, keuangan tak mampu menopang keinginan. Namun, dengan sedikit usaha dan kreativitas, keinginan itu bisa dipenuhi walaupun dengan kompromi di sana dan di sini. Begitupun, hal yang berkaitan dengan keramik lantai. Harga keramik lantai bermerek memang selangit, per meternya bisa sampai Rp 60.000,00. Bagi sebagian orang, harga tersebut terlalu mahal tapi masih ada keramik lantai murah.

Konsekuensi Keramik Lantai Murah

Sebelum memutuskan untuk berburu keramik lantai murah, banyak hal penting yang harus dipertimbangkan. Jika sekiranya agak sulit memenuhi persyaratan berikut, sebaiknya tidak usah melanjutkan niat berburu keramik lantai murah karena hanya akan menelan kekecewaan berkepanjangan.

Hal-hal berikut adalah kekurangan keramik lantai murah.

  1. Potongannya tidak sama sehingga membutuhkan teknik pemasangan khusus agar keramik lantai sedap dipandang setelah dipasang dan tidak retak.
  2. Warnanya agak kabur dan tidak sama satu sama lain karena keramik murah ini biasanya barang yang tidak memenuhi persyaratan untuk dijual ke pasaran dengan harga normal. Oleh karena itu, kalau tetap ingin menggunakan keramik lantai murah ini, harus pandai memadupadankan warna yang ada sehingga lantai tidak seperti mozaik gagal.
  3. Jumlah yang dibutuhkan kadang tidak mencukupi. Untuk itu, sekali lagi, kemampuan memadupadankan keramik dengan warna dan ukuran yang ada merupakan tantangan tersendiri.
  4. Harganya cuma Rp 50.000,00 per meter dengan ukuran dan corak yang sangat beragam. Biasanya, keramik lantai murah ini hanya diikat dan tidak masuk dalam kotak.
  5. Tempat membelinya pun bisa di toko besi atau toko bangunan atau tempat jasa bongkar bangunan.
READ  Desain Villa Minimalis yang Berkesan

Keramik Lantai Bekas

Ada lagi keramik lantai murah tapi bukan produk gagal suatu pabrik penghasil keramik lantai, melainkan keramik lantai bekas. Bila beruntung, Anda bisa mendapatkan keramik lantai unik dan kuno yang masih bagus dan masih bisa dimanfaatkan. Cara berburu keramik lantai bekas ini memang bukan hal mudah. Informasi tentang bangunan yang akan dibongkar adalah modal utama. Ketekunan dan kesabaran harus selalu dikedepankan.

Terkadang, kalau nasib mujur, harga yang diberikan pemilik atau jasa bongkar rumah sangatlah miring dan dengan sistem borongan. Harganya bisa hanya 35-50 persen dari harga keramik lantai baru. Tentu, bergantung pada kualitas dan keadaan keramik saat dibongkar. Bila keramik lantai bekas yang didapatkan mempunyai ukuran dan corak berbeda, keahlian dan keterampilan memasang keramik lantai sangat dibutuhkan.

READ  Memilih Bahan Bangunan dan Material Rumah

Teknik Pemasangan

Tentukan dahulu keramik lantai tersebut mau dipakai di ruangan apa. Untuk dapur, pakailah keramik yang halus, tidak mudah tergores, dan dengan warna yang agak cerah. Teknik padu padan kerajinan kain percah bisa ditiru. Permainan warna dan corak akan menghasilkan lantai yang indah, unik, dan nyaman dipandang.