Desain Pasar Modern Memberikan Kenyamanan

Desain pasar modern merupakan sebuah desain dari pasar traditional yang telah di ubah menjadi gaya modern. Desain ini sudah banyak di temukan di pasar – pasar, hal ini di karenakan dengan gaya modern,maka orang – orang yang mengunjungi pasar tersebut akan merasa nyaman saat berada di pasar tersebut. Awalnya pasar modern adalah sebuah pasar traditioanal kemudian di renovasi kembali, biasanya pasar mengalami renovasi karena pasar tersebut sering mengalami kebakaran, oleh sebab itu pasar traditional tersebt didesain ulang dan diperluas arealnya sehingga menjadi pasar tradisonal dengan konsep modern. Pasar tradisional dengan konsep modern bukan berarti sebuah pasar yang sama dengan supermarket atau swalayan, sebab pasar traditional masih memiliki sistem yang sama dengan pasar traditional, akan tetapi bangunan pasar didesain dengan konsep modern. Dengan berkonsep modern, maka Pasar ini akan menghasilkan pasar tradisional yang terlihat bersih dan tidak berbau, karena terkadang pasar traditional identik dengan bau, becek dan kumuh. Oleh seba itu, dengan konsep modern pasar akan hilang dengan kesan yang jorok. Di pasar modern, Pembeli dan penjual masih tetap dapat melakukan tawar-menawar. Di samping itu, barang – barang jualannya juga dapat ditata dengan baik, kemudian didesain agar pemeliharaannya juga mudah untuk memilih barang dagangan mereka.

READ  Desain Gedung Sekolah Modern dan Elegan

Perlu di ketahui, tujuan mendesain pasar traditional menjadi pasar modern yaitu dapat memberikan kenyamanan terutama pada alur sirkulasi, baik sirkulasi bagi orang- orang yang lalu lalang di pasar tersebut maupun kendaraan yang melintasi pasar tersebt. Dengan begitu, Pasar harus dibuat hidup, dengan cara membuat alur sirkulasi yang dapat berjalan dengan baik, di setiap sudut pasar harus mudah ditempuh atau dituju, sehingga orang lain dapat melihat toko tersebut, jadi setiap sisi pasar harus mampu menarik perhatian para pengunjung. Maka dari itu, desain pasar modern, harus mulai di terapkan untuk pasar – pasar traditional lainnua. Hal ini di karenakan pasar modern mampu menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung ke pasar tersebut. Di samping itu, dalam mendesain sebuah pasar modern, sebaiknya juga harus memperhatikan Jalan masuk ke dalam pasar yang harus dibuat lebih lebar atau lebih banyak, sehingga dapat dimasuki dari segala arah.

READ  Fakta semen mortar Monas 138 ThinBed

Dalam mendesain sebuah pasar traditional, banyak yang harus di perhatikan dalam proses pembuatannya yaitu untuk Atap bangunan yang harus dibuat sesuai satu-kesatuan dan harus bebas kolom, hal ini bertujuan untuk membuat sirkulasi di dalam bangunan agar lebih leluasa, selain itu sebaiknya anda memberi jalur sirkulasi udara pada atap – atap pasar, agar dapat memberi ruang pada atap untuk mendapatkan pencahayaan alami. Desain pasar modern, dapat mengganti sebagian bahan untuk atap yang lebih transparan. Selain itu, sebaiknya Lantai dasar dibuat dengan bahan yang di lapisi dengan keramik, ini bertujuan agar lantai mudah dibersihkan, begitupun untuk meja-meja kios yang di gunakan untuk berjualan.

READ  Keramik Lantai Murah: Tantangan dan Solusi

Untuk Jalan utama yang dipisahkan dengan jalan milik pasar, seharusnya dibuat lebih lebar, agar tidak terjadi kemacetan di jalan utama pasar,sedangkan untuk ruang parkir di buat dekat pasar untuk menjaga kelancaran sirkulasi sebuah kendaraan. Sealin itu, buat juga Papan nama pasar yang di letakkan di bangunan dasar utama pasar, ini bertujuan agar papan nama tersebut dapat menjadi icon pasar. Oleh sebab itu, pastikan agar desain pasar modern dapat di pilih untuk menciptakan kebersihan pasar tersebut.